Tugas 1 ISD

      Ilmu Sosial Dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Pengetahuan yang menelaah masalah2 sosial, khususnya masalah – masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori – teori yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).

       Kemudian perbedaan antara Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah Ilmu Sosial Dasar adalah suatu program studi yang diberikan pada saat di perguruan tinggi, Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai metode ilmiah tersendiri dan objek kajian, ilmu sosial dasar juga mencakup masalah masalah sosial yang timbul di masyarakat sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat, kajiannya ada dalam lingkungan yang terbatas,misalnya lingkungan sekitar sekolah atau dalam lingkungan yang luas, misalnya lingkungan negara lain, baik yang ada di masa sekarang maupun di masa lampau. jadi Ilmu Pengetahuan Sosial masih bisa membahas tentang masa lampau. kemudian Ilmu Pengetahuan Sosial adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan. 

       Lalu persamaan antara Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Alam itu adalah sama sama merupakan bahan studi yang diberlakukan untuk kepentingan program pendidikan, lalu Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial juga bukan berada dalam disiplin ilmu yang berdiri sendiri. Ilmu Sosial Dasar dan juga Ilmu Pengetahuan Sosial juga mempunyai materi yang terdiri dari fakta sosial dan masalah sosial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PERUSAHAAN GOJEK TERKAIT MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

ANALISA PT.GARUDA INDONESIA DALAM BIDANG MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

ANALISA APLIKASi OVO TERKAIT INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY