Tugas 2 ISD

         Masalah sosial yang ada diindonesia salah satunya adalah kemiskinan. Masalah kemiskinan ini memang tidak pernah bisa diselesaikan dari dulu karena ada beberapa faktor misalnya karena lapangan pekerjaan yang terbilang sedikit, lalu standar akademis rakyat kecil yang kurang memadai, ada juga karena ketidakadilan pemimpin yang membuat rakyat kecil semakin kecil misalnya seperti RUU cipta kerja yang isinya sudah tersebar walaupun ada yang bilang itu hoaks. 

        Apalagi sekarang ditengah pandemi virus covid 19 ini, jangankan mencari pekerjaan, untuk sekolah aja semakin susah, bagi rakyat rakyat kecil, keadaan seperti ini dianggap sebagai neraka, karena beban mereka ditambah untuk membiayai anaknya sekolah online. Sebaliknya, keadaan seperti ini justru menguntungkan untuk orang yang berkecukupan. Kemudian bantuan pemerintah yang kurang merata juga menjadi penyebab kemiskinan, bahkan rakyat yang pekerjaannya diluar rumah sekarang sudah dibatasi untuk mengurangi orang yang terinfeksi virus covid 19 ini. 

        Menurut saya langkah yang harus dilakukan untuk menurunkan angka kemiskinan ini adalah pemerintah harus mengambil sikap sigap dan kritis dalam menghadapi permasalahan ini, misalnya membuat program khusus yang dibuat khusus untuk rakyat kecil dengan standar yang sangat minimum (KJP menurut saya kurang efektif karena banyak pihak yang menyalahgunakan program ini untuk kepentingan pribadi padahal mereka adalah orang yang mampu) kemudian sebelum membuat program tersebut seharusnya pemerintah melakukan pemeriksaan data kependudukan dahulu supaya program itu tidak disalahgunakan. Kemudian pemerintah harus membuat program pendidikan selayak mungkin, karena banyak sekolah yang sudah tidak layak pakai dann gurunya pun bukan guru yang bagus yang menyebabkan standar akademis rakyat kecil itu rendah. Pemerintah setidaknya harus membuat program yang bisa membantu rakyat kecil untuk membuka usaha, seperti diberikan modal usaha. kemudian sesekali melaksanakan sosialisasi tentang pengalaman orang orang sukses, strategi dalam usaha dan lain lain ke daerah daerah terpencil yang standar akademisnya kecil supaya membuat rakyat kecil semakin terbuka pikirannya tentang dunia usaha. Sekian untuk postingan saya kali ini, terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PERUSAHAAN GOJEK TERKAIT MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

ANALISA PT.GARUDA INDONESIA DALAM BIDANG MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

ANALISA APLIKASi OVO TERKAIT INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY