Latar Belakang Gojek
Gojek merupakan salah satu perusahaan yang produknya berupa jasa
angkutan yang didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010. Perusahaan Gojek
sendiri sekarang telah ada di banyak kota. Gojek sendiri merupakan sebuah
aplikasi yang menghubungkan antara driver ojek dan juga penumpang berbasis
pemesanan online. Gojek didirikan sebagai bentuk inovasi yang akan membantu
masalah masyarakat yang malas keluar rumah untuk mencari ojek pangkalan jadi
tinggal pesan ojek dari rumah. Gojek memiliki berbagai macam jasa yaitu antar
jemput motor/mobil, antar makanan, pesan tiket nonton secara online, antar
barang, dan lain lain. Aplikasi Gojek sendiri dapat diakses dengan mudah di
Android maupun IOS.
Information Technology Infrastructure Library atau disingkat ITIL
Information Technology
Infrastructure Library yaitu sebuah konsep atau teknik untuk mengelola
teknologi informasi infrastruktur, pengembangan dan juga operasi teknologi
informasi. ITIL merupakan pendekatan yang cakupannya paling luas yang diterima
untuk layanan manajemen TI didunia. Tujuan sistem ITIL yaitu supaya waktu yang
digunakan lebih efisien dan juga pelayanan yang diberikan sesuai dengan
perkiraan perusahaan. Sekarang saya ingin menganalisa perusahaan Gojek
berdasarkan dengan Information Technology Infrastructure Library atau disingkat
ITIL yaitu :
1. Strategi Pelayanan (Service Strategy) Perusahaan Gojek
Gojek memiliki beberapa strategi
marketing yang digunakan untuk menarik konsumen agar terus menggunakan
aplikasinya. Salah satunya adalah dengan cara mempromosikan aplikasi gojek di
platform sosial media seperti tiktok, youtube, instagram dan lain lain.
Perusahaan gojek juga melakukan strategi lain seperti menetapkan tarif yang
murah dan juga menyediakan berbagai kode promo menarik yang dapat membuat para
penumpang beralih dari ojek pangkalan biasa menjadi ke Gojek. Gojek juga
memakai strategi yang akan memanfaatkan artis yang memiliki citra baik untuk
menjadi BA(Brand Ambassador) aplikasinya. Strategi marketing lain juga terus
dilontarkan gojek untuk membuat para penumpang beralih ke gojek seperti bekerja
sama dengan perusahaan lain yang memiliki citra baik di masyarakat sehingga
masyarakat semakin percaya dengan gojek. Gojek juga terus meningkatkan
kepercayaan para customer dengan cara menyediakan layanan customer care yang
ramah sehingga menimbulkan kesan baik dengan para calon customer. Gojek juga
terus berusaha untuk memperbanyak fitur fitur diaplikasi gojek yang akan
memperluas jangkauan customer dan akan menarik para calon customer.
2. Desain Pelayanan (Service Design) Perusahaan Gojek
Dalam hal
service design aplikasi Gojek sudah terbilang baik, karena UI yang mudah
dimengerti oleh para pengguna, banyak fitur fitur dan juga pilihan yang
disediakan. Gojek juga menggunakan cloud server yang berguna untuk menyimpan
data user dan cloud servernya pun bisa diakses secara realtime. Tampilan pada
saat pemesanan makanan, pembayaran dan lainnya pun family friendly. Setelah
pemesanan selesai para user bisa memberikan rating ke driver yang berfungsi
untuk merekomendasikan driver ke lebih banyak user lainnya. Sistem
pembayarannya pun bisa menggunakan Gopay atau pun lainnya, bisa juga dengan COD
atau bayar ditempat yang akan memudahkan para user untuk menggunakannya.
Tampilan aplikasi untuk para driver pun sudah sangat baik seperti terdapat GPS
yang realtime sehingga driver bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman. Jika
user masih bingung menggunakan aplikasi gojeknya atau pun memiliki keluhan
terhadap driver maka user bisa menghubungi call center yang nomornya terdapat
dalam aplikasi. Keamanan akun gojek pun terjamin karena login ke akun
menggunakan password, bahkan jika akun di hack oleh orang lain, maka pihak
gojek akan mengganti dana gopay yang ada di akun yang di hack tersebut, jadi
keamanan akun benar benar sudah sangat baik.
3. Transisi Pelayanan (Service Transition) Perusahaan Gojek
Untuk terus mengikuti perkembangan
teknologi yang meningkat pesat, aplikasi gojek pun terus di update dengan fitur
fitur baru yang berguna untuk memudahkan dan membuat nyaman para pengguna dalam
menggunakan aplikasi gojek. Sudah banyak fitur fitur baru yang diupdate
semenjak 2015 sampai 2022 sekarang, misalnya ada GO-Clean, GO-Send, GO-Tix,
GO-Corp, GO- Transit dan berbagai fitur menarik lain yang membuat para pengguna
betah menggunakan aplikasi Gojek karena banyaknya pilihan yang disediakan
kepada pengguna. Selain itu, tampilan didalam aplikasi gojek juga terdapat
informasi yang lengkap dan juga panel panel yang terlihat jelas saat aplikasi
di buka pengguna. Untuk memudahkan penyampaian informasi ke seluruh kantor
cabang internal maka gojek menggunakan suatu jaringan untuk menghubungkannya.
Sedangkan untuk kenyamanan user, gojek memberikan informasi driver kepada user
seperti nomor HP, alamat, dan foto profil yang tercantum pada akun driver,
begitu juga dengan driver yang mendapat informasi user seperti nomor HP, alamat
dan foto profil supaya tidak ada kesalahan saat mengantarkan pesanan.
4. Operasi Pelayanan (Service Operation) Perusahaan Gojek
Service Operation merupakan sebuah
kebutuhan dari pihak perusahaan dalam hal ini perusahaan gojek yang harus
dipenuhi dari para pengguna. Misalnya saja driver gojek untuk mengantarkan
barang atau penumpang membutuhkan alat misalnya HP untuk berkomunikasi, helm,
jaket, dan motor. Kemudian membutuhkan juga sebuah jaringan supaya bisa berkomunikasi
dengan penumpang misalnya dengan paket internet. Untuk kebutuhan aplikasi, para
user diminta untuk membuat akun yang berguna untuk memvalidasi pengguna dengan
verifikasi nomor HP dan juga email.
5. Peningkatan Pelayanan Berkelanjutan (Continual Service Improvement) Perusahaan Gojek
Untuk terus mengembangkan
aplikasinya, Gojek terus meluncurkan fitur fitur berguna yang jangkauannya
lebih luas, Misalnya saja, jasa pembayaran Top up game online menggunakan saldo
GO-Pay di website seperti codashop dan unipin. Kemudian banyak promo promo
menarik seperti promo diskon jika membeli makanan dengan menggunakan GO-FOOD. Apalagi sekarang gojek telah melakukan kerjasama dengan salah
satu perusahaan e-commerce yang besar yaitu tokopedia dan menjadi perusahaan
bernama GOTO. Hal ini akan semakin membuat Gojek dipercaya masyarakat. Meningkatkan
kualitas jasa merupakan hal yang penting untuk mempertahankan eksistensi
perusahaan supaya tidak kalah saing dengan perusahaan lain yang serupa. Oleh karena itu, Gojek harus bisa beradaptasi dengan
segala perubahan yang terjadi. Gojek perlu terus melakukan riset pasar agar
tidak tertinggal dengan para pesaingnya dan terus melakukan berbagai macam
perubahan yang akan memudahkan para pengguna aplikasi supaya pengguna semakin
betah dalam menggunakan aplikasi Gojek.
Komentar
Posting Komentar