ANALISA PT.GARUDA INDONESIA DALAM BIDANG MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

 



Latar Belakang 

    PT.Garuda Indonesia Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbangan yang berkantor pusat di Bandar udara Internasional Soekarno-Hatta. PT.Garuda Indonesia didirikan pada tanggal 1 Agustus 1947 dan mulai beroperasi pada tanggal 26 Januari 1949 sebagai Indonesian Airways, saat hari jadi perusahaan dan berubah nama menjadi Garuda Indonesia pada tanggal 28 Desember 1949. Garuda Indonesia merupakan salah satu dari anggota Skyteam dan merupakan maskapai terbesar kedua di Indonesia setelah Lion Air. Garuda Indonesia telah melewati berbagai macam destinasi di seluruh dunia dan merupakan satu satunya maskapai yang berasal dari Indonesia penerbangan yang melewati wilayah Eropa. Maskapai Garuda Indonesia juga memiliki anak perusahaan yaitu Citilink yang sudah berdiri dari tahun 2012 dan sudah melewati beberapa wilayah di Indonesia.

Information Technology Infrastructure Library (ITIL) Pada Perusahaan Garuda Indonesia

  Pada Perusahaan Garuda Indonesia, pemanfaatan ITIL dilakukan dengan berbagai macam bidang yaitu Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation dan juga Continual Service Improvement. Sekarang saya ingin menganalisa perusahaan Garuda Indonesia dalam manajemen layanan sistem informasi berdasarkan Information Technology Infrastructure Library yaitu :


1. Service Strategy PT. Garuda Indonesia   

    PT.Garuda Indonesia telah melakukan berbagai macam strategi seperti dengan memberikan promo pada harga tiket pesawat di website resminya, mulai dari potongan harga yang bekerjasama dengan bank bank ternama, hingga potongan harga yang kerjasama dengan beberapa aplikasi penyedia beli tiket online seperti tiket.com, traveloka dan lainnya. Bahkan di tengah pandemi seperti sekarang, PT.Garuda Indonesia juga meluncurkan alternatif pemesanan tiket yaitu dengan aplikasi Kirim Aja. Strategi marketing lainnya juga dilakukan oleh PT.Garuda Indonesia untuk menarik menarik para calon customer supaya memilih maskapai penerbangan Garuda Indonesia seperti memberikan penawaran special dan harga istimewa. Di website resmi menyediakan tempat belanja online yaitu Garuda Shop yang berisi berbagai macam barang yang bisa digunakan saat didalam pesawat seperti masker, minyak kayu putih, hand sanitizer dan lain lain dari berbagai merek. 

2. Service Design PT. Garuda Indonesia

        Dalam hal layanan desain pada website Garuda Indonesia, kita dapat melihat tampilan UI yang family friendly dengan banyak pilihan seperti jadwal penerbangan, destinasi penerbangan yang dituju, dan informasi tambahan lain yang mungkin akan dibutuhkan oleh penumpang pesawat. Kemudian ada juga berita penerbangan yang akan berguna untuk penumpang seperti informasi terkait vaksin covid 19, tes PCR dan lain lain. Selain itu juga terdapat call center yang bisa dihubungi apabila mengalami kesulitan , entah itu untuk mengakses websitenya ataupun kendala yang berkaitan dengan penerbangan yang ingin dilakukan. Informasi yang di tampilkan di website Garuda Indonesia juga terbilang sudah lengkap. Bahkan Garuda Indonesia bisa diakses lewat aplikasi mobile yaitu Garuda Indonesia yang bisa didownload. Pada Website ataupun Aplikasi Garuda Indonesia, kita bisa menjadi seorang member dan akan memperoleh poin jika kita melakukan penerbangan dengan maskapai Garuda Indonesia. Poin yang dikumpulkan pun bisa ditukarkan untuk berbagai hal misalnya, melakukan penerbangan kembali, donasi, mendapat diskon hotel dan lain lain.


 
3. Service Transition PT. Garuda Indonesia
        Karena perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju, Website Garuda Indonesia juga tidak ketinggalan untuk terus menambahkan fitur fitur yang berguna untuk mempermudah para pengguna web, salah fitur yang di update yaitu update Member GarudaMiles. Selain update fitur, website ini juga sering sekali update berita berita terkini yang berkaitan dengan info penerbangan, sehingga para penumpang bisa cek situasi kapan pun dan dimanapun dan juga web ini update tentang promo promo menarik untuk mendapat potongan harga tiket pesawat. Untuk kenyamanan user, disediakan kemudahan untuk memilih destinasi bandara prioritas di berbagai negara sehingga user bisa mengetahui lokasi bandara utama di dalam maupun luar negeri. Untuk meningkatkan pelayanan, Garuda juga mengeluarkan layanan baru yang disebut Garuda Indonesia Experience. Layanan ini menawarkan konsep yang mencerminkan keramahan asli indonesia dalam segala aspek.




4. Service Operation PT. Garuda Indonesia

        Pada Service Operation ada beberapa hal yang diperlukan Perusahaan kepada para user salah satunya yaitu data diri user sebagai bukti user menggunakan maskapai penerbangan tersebut dan tiket pesawat dibutuhkan untuk diperiksa petugas penerbangan. Kemudian login juga dibutuhkan untuk verifikasi bahwa user tersebut benar benar terdaftar didalam maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Pada website Garuda Indonesia bisa menggunakan beberapa cara untuk melakukan check in, bisa melalui web langsung, bisa lewat aplikasi mobile, bisa juga dengan menghubungi call center dengan memberikan data diri sebagai bukti.  



5. Continual Service Improvement PT. Garuda Indonesia
       
    Garuda Indonesia terus melakukan banyak inovasi untuk meningkatkan pelayanan salah satunya adalah bekerjasama dengan perusahaan perusahaan yang memiliki citra baik seperti bank bank ataupun E-commerce yang menyediakan pelayanan pesan tiket secara online. Hal Ini akan membuat masyarakat semakin percaya dengan perusahaan Maskapai Garuda Indonesia karena banyak perusahaan yang bekerjasama dan juga membuat nama Garuda Indonesia menjadi lebih terkenal. Dengan banyaknya maskapai penerbangan lain yang lebih terkenal seperti Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air dan lain lain membuat persaingan semakin sulit. Oleh karena itu, Maskapai penerbangan Garuda Indonesia harus bisa bersaing dan beradaptasi menghadapi berbagai kesulitan yang ada dan terus melakukan update yang lebih memudahkan user dalam menggunakan website atau aplikasi Garuda Indonesia dan juga meningkatkan pelayanan yang ada sehingga user menjadi lebih betah menggunakan layanan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia. 

Daftar Pustaka :

The Airlines of Indonesia - Garuda Indonesia (garuda-indonesia.com)

Manajemen Strategi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk di tengah Masa Pandemi | Kristanti | Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen (utu.ac.id)

Sistem Informasi Manajemen E-ticket PT. Garuda Indonesia - Sistem Informasi Manajemen (kukuhlonyod.blogspot.com)

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN: PT. GARUDA INDONESIA (dayuuresmiani.blogspot.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISA PERUSAHAAN GOJEK TERKAIT MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

ANALISA APLIKASi OVO TERKAIT INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY